Gardu induk merupakan suatu system instalasi yang terdiri dari beberapa perlengkapan peralatan listrik dan menjadi penghubung listrik dari jaringan transmisi ke jaringan distribusi perimer. Salah satu perlengkapannya adalah Transformator Instrumen atau transformator ukur. Untuk memproses pengukuran di gardu induk di perlukan trasformator instrument. Transformator instrument ini di bagi atas dua kelompok yaitu, Transformator Tegangan dan Transformaor arus. Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara kerja Trasformator arus.

TRANSFORMATOR ARUS

Transformator Arus adalah alat yang di gunakan untuk mengukur besarnya ratusan ampere lebih, yang mengalir pada jaringan tegangan tinggi. Berikut adalah tahapah cara kerja dari trasformator arus yang ada di gardu induk.

  • Mula-mula arus yang di terima dari gardu induk merupakan arus bertegangan tinggi yang akan terdeteksi pada Transformator tegangan.
  • Selanjutnya alat ini akan menyeleksi dimana jika arus yang menglir pada teganggan rendah dan besarnya di bawah 5 A, maka pengukuran dapat di lakukan secara langsung.
  • Sedangkan jika untuk arus yang mengalir  lebih besar maka, pengukuran harus  menggunakan trafo arus (sebutan untuk trafo pengukuran arus yang besar). Disamping itu trafo arus berfungsi juga untuk pengukuran daya dan energi, pengukuran jarak jauh dan rele proteksi.
  • Selanjutnya alat ini akan menunjukan berapa arus yang terukur, baik yang secara langsung maupun dengan tidak langsung menggunakan Trafo arus.

Gambar Flo Chat Transformatr arus

Demikianlah ulasan singkat bagaimana cara Kerja dari Transformator arus yang ada di peralatan gardu induk.

Sumber : http//dunia-listrik.blogspot.com/2009/03/perlengkapan-gardu-induk.html