Konsep Dasar

Bahwa setiap individu berpendapat bahwa nilai uang saat ini lebih berharga daripada nanti. Sejumlah uang yang akan diterima dari hasil investasi pada akhir tahun, kalau kita memperhatikan nilai waktu uang, maka nilainya akan lebih rendah pada akhir tahun depan. Jika kita tidak memperhatikan nilai waktu dari uang, maka uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan adalah sama nilainya yang kita miliki sekarang.

Contoh 1 :

Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya akan sama dengan Rp 30.000 pada akhir tahun à kalau kita tidak memperhatikan nilai waktu unag, maka nilai uang sekarang adalah lebih tingi dari pada uang yang akan kita terima pada akhir tahun depan.

Contoh 2 :

Uang sekarang Rp 30.000,- nilainya lebih tinggi daripada Rp 30.000 pada akhir tahun depan, kenapa :
Karena kalau kita memiliki uang Rp 30.000 sekarang dapat disimpan di Bank dengan mendapatkan bunga misal 10 % / tahun, sehingga uang tersebut akan menjadi Rp 33.000
Jadi uang sekarang Rp 30.000 nilainya sama dengan Rp 33.000 pada akhir tahun.

ISTILAH YANG DIGUNAKAN :

Pv        = Present Value (Nilai Sekarang)

Fv        = Future Value (Nilai yang akan datang)

I           = Bunga (i = interest / suku bunga)

n          = tahun ke-

An       = Anuity

SI        = Simple interest dalam rupiah

P0        = pokok/jumlah uang yg dipinjam/dipinjamkan pada periode waktu

I           =Tingkat suku bunga per periode bunga (Interest). Dalam bentuk persen pertahun,       persen per bulan.

T     =   waktu periode yang ditetapkan, dalam bentuk tahun, bulan atau hari.

G    =  Jumlah dari peningkatan atau penurunan sebuah Cash Flow    

 

  • I = Bunga (i = interest / suku bunga) 

BUNGA adalah sejumlah uang yang dibayarkan atau dihasilkan sebagai kompensasi terhadap apa yang dapat diperoleh dari penggunaan uang. Sedangkan BUNGA SEDERHANA (simple interest) adalah bunga yang dibayarkan/dihasilkan hanya dari jumlah uang mula-mula atau pokok pinjaman yang dipinjamkan atau dipinjam.

SI = P0(i)(n)

 

  • Fv = Future Value (Nilai yang akan datang)

    Future value (terminal value) adalah nilai uang yang akan datang dari satu jumlah uang atau suatu seri pembayaran pada waktu sekarang, yg dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu.FV = P0+ SI= P0+ P0(i)(n)

 

  • Pv = Present Value (Nilai Sekarang)

    Adalah nilai sekarang dari satu jumlah uang/satu seri pembayaran yang akan datang, yang dievaluasi dengan suatu tingkat bunga tertentu. Menghitung nilai pada waktu sekarang jumlah uang yang baru dimiliki beberapa waktu kemudian.FVn = P0+ P0(i)(n)

    PV0 = P0=

 

  • BUNGA BERBUNGA (COMPOUND INTEREST)

    Adalah bunga yg dibayarkan/dihasilkan dari bunga yg dihasilkan sebelumnya, sama seperti pokok yang dipinjam/dipinjamkan. Nilai Majemuk (coumpaund value / ending amount) dari sejumlah uang merupakan penjumlahan dari uang pada permulaan periode. (Modal Pokok + Bunga pada periode tersebut). Atau menghitung jumlah akhir pada akhir periode dari sejumlah uang yang dimiliki sekarang.FV = Pv + I

    FV = Pv + Pvi

    FV0 = Pv(1+i)n

    atau

  • FVn = Pv(FVIFi,n)

    Menghitung nilai pada waktu sekarang jumlah uang yang baru akan dimiliki beberapa waktu kemudianPV = FV / (1+i)n
  • Nilai Majemuk dari Annuity

    Anuity adalah deretan pembayaran dengan jumlah uang yang sama selama sejumlah tahun tertentu.

 

  • Faktor pembayaran tunggal ( Single Payment, F/P dan P/F )

Formula ini dibuat untuk dapat menentukan jumlah uang yang akan datang (F) setelah n tahun (periode) dari investasi tunggal (P).

F = P(1+i)^n dan P = F/(1+i)^n

 

 

  • Faktor Uniform-Series Present Worth Factor dan Capital Recovery Factor (P/A dan A/P)

 

Faktor ini bertujuan untuk mencari Pembayaran Tunggal dari investasi seragam yang dilakukan atau pembayaran seragam dari investasi tunggal yang dilakukan.

P = A [((1+i)^n)-1]/i(1+i)^n

 

Persamaan Pertama yang digunakan adalah Persamaan di dalam kurung disebut dengan Uniform Series Present Worth Factor (USPWF), atau faktor P/A. Persamaan ini akan memberikan present worth (P) dari equivalent uniform annual series (A) yang dimulai pada akhir tahun pertama sampai dengan tahun ke n dengan tingkat suku bunga i. Persamaan Kedua yang digunakan adalah

A = P [i(1+i)^n]/ ((1+i)^n)-1

 

Persamaan di dalam kurung disebut dengan Capital Recovery Factor (CRF), atau faktor A/P, yang menghasilkan equivalent uniform annual worth sepanjang n tahun dari investasi P yang diberikan, ketika tingkat suku bunga sama dengan i.

 

  • Sinking Fund Factor dan Uniform-Series Compound-Amount Factor

 

(A/F dan F/A)  Faktor ini bertujuan untuk mencari Pembayaran Tunggal dimasa yang akan datang dari investasi seragam yang dilakukan atau pembayaran seragam dari investasi tunggal yang akan datang yang dilakukan. Persamaan Pertama yang digunakan adalah

A = F [ i/(1+i)n-1]

 

Persamaan yang terdapat di dalam kurung adalah sinking-fund factor atau faktor A/F, digunakan untuk menentukan uniform annual worth series (A) dari future worth (F) yang diberikan. Persamaan Kedua yang digunakan adalah

F= A{[(1+i)n-1]/i}

 

Persamaan di dalam kurung disebut dengan uniform-series compoundamount factor (USCAF), atau faktor F/A, dimana ketika dikalikan dengan nilai uniform annual amount (A), akan menghasilkan nilai yang akan datang.

˃˃ARITHMATIC GRADIEN FACTORS (P/G DAN A/G)˂ ˂

Arithmatic Gradien adalah sebuah Cash Flow yang bisa meningkat atau bisa menurun secara konstan. Jumlah dari peningkatan atau penurunan disebut dengan Gradien. Simbol yang digunakan untuk Gradien ini adalah G . Dimana G adalah perubahan aritmatik baik itu penerimaan maupun pengeluaran dari satu periode ke periode berikutnya. G bisa menjadi Positif atau juga bisa menjadi negatif  Terdapat 3 Faktor dari Persamaan Aritmatik Gradien adapun Faktor tersebut adalah

1.      Faktor P/G untuk Present Worth

P= {G/i}x{[(((i+1)^n)-1)/i(1+i)^n]-[(n/(1+i)^n)]}

2.      Faktor A/G untuk Annual Worth

A = [G/i].[(1/i)-(n/((n+i)^n)-1)]

 3.      Faktor F/G Untuk Future worth

F = G{[1/i]x[(((1+i)^n))-1)/i)-(n)]}

 

Sumber:

http://gendyelektro.blogspot.com/

http://staff.unud.ac.id/~agungyana